soedirman15@gmail.com atau WA 085740291996

Minggu, 05 Februari 2012

Pengetahuan dan Proses Belajar manusia (knowledge Management)

Drucker (1991) menjelaskan bahwa kita saat ini telah memasuki era revolusi informasi,yaitu era dmana pengetahuan berhasil d aplikasikan pada pengetahuan itu sendiri
Perkembangan ilmu pengetahuan itu sendiri d mulai atau d pacu oleh berkembangnya naluri intelektual dan naluri kemanusiaan dan telah menimbulkan dua tantangan utama di dunia bisnis,yaitu tantangan bisnis global dan tantangan untuk memahami pengaruh perkembangan teknologi pada organisasi
Urlich(1990) Menyatakan terdapat empat kompetensi dasar dari manusia yang di butuhkan dalam organisasi atau perusahaan masa kini.yaitu:



a) Organisasi atau perusahaan menuntut kemampuan karyawan untuk mampu memahami karakteristik paradoks antara keseimbangan untuk berpikir global namun mampu bertindak local
b) Organisasi atau perusahaan menuntut kemampuan karyawan untuk mampu menyeimbangkan antara bertindak efisien(downsizing)sambil meningkatkan revenue (pendapatan) perusahaan melalui kreatifitas inovasi dan entrepreneurship(kewirausahaan)
c) Organisasi atau perusahaan menuntut kemampuan karyawan untuk mampu memahami karakteristik dan penggunaan teknologi maju,baik teknologi proses maupun teknologi informasi(capital structured) untuk memaksimalkan nilai tambah perusahaan.
d) Organisasi atau perusahaan menuntut kemampuan karyawan yang memiliki kompetensi individual tinggi.namun seimbang dengan komitmen serta kemampuan untuk belajar dan berubah.
Konsep tentang pengetahuan yang perlu di miliki oleh suatu organisasi,di jelaskan lebih lanjut oleh nonaka dan hirotaka (1995) sebagai dasar kekuatan yang menentukan daya saing suatu entitas bisnis di masa kini.suatu perusahaan perlu memiliki pengetahuan eksplisit Iknow how) dan pengetahuan tasit (know why) secara seimbang dan berkelanjutan

DATA,INFORMASI DAN PENGETAHUAN
Budiman Pratomo (2004) menyatakan bahwa data adalah kumpulan fakta objectif mengenai sebuah kejadian.sementara informasi adalah data yang telah di ola,biasanya menggunakan aturan statistika,sehingga mengandung arti,dan pengetahuan sebagai kebiasaan,keahlian atau kepakaran,keterampilan pemahaman
Mike powell(2003) dalam bukunya information management for development organization. Data adalah koleksi terstruktur dari kumpulan fakta (structured collection of quantitative facts) informasi adalah data atau fakta yang memiliki arti (data of fact with meaning).sedangkan pengetahuan merupakan hasil atau keluaran atau nilai dari informasi (producing significance or value from information)
Bentuk pengetahuan atau model untuk memahami dunia yang di miliki manusia dapat terbentuk dalam tiga kategori,yaitu:
a) Pengetahuan cultural model untuk memahami dunia yang diekspresikan dalam asumsi-asumsi,nilai-nilai,dan norma-norma yang dimiliki manusia
b) Pengetahuan tasit model untuk memahami dunia dalam bentuk teori dan pengalaman yang dimilikinya
c) Pengetahuan Eksplisit model untuk memahami dunia dalam bentuk keahlian atau kognitif,di ekspresikan dalam bentuk system peraturan-peraturan,prosedur- prosedur dan tata cara kerja yang dipahaminya
PENGETAHUAN DAN KECERDASAN
Pengetahuan memiliki karakteristik:

a) Pengetahuan terdimpan dalam otak manusia,yang tersusun dari pengamatan maupun pengalaman d masa lalunya,berasal dari informasi yang dia rekam dan ia simpan dalam neuron-neuron di otaknya
b) Orang yang memiliki banyak pengetahuan adalah orang yang memiliki neuron aktif (berisi informasi dan sering di gunakan saat proses berpikir) dalam jumlah banyak
c) Pengetahuan manusia akan terbentuk jika struktur informasi yang dimiliki dalam neuron-neuronnya,cukup untuk memahami makna akan sebuah masalah yang dihadapinya
d) Berpikir adalah suatu proses dalam membentuk pengetahuan yang d tentukan oleh struktur informasi yang dimilikinya.
Kecerdasan dapat diukur melalui berbagai pendekatan psikologis atau kita melakukan pengukuran dengan serangkaian test psikologis)
Kecerdasan seseorang bersumber dari pengetahuan yang dimilikinya di tentukan oleh kapasitas memorinya dan d peroleh melalui proses pelatihan atau pembelajaran.
E.G Boring seorang psikolog terkenal dari Harvard pada tahun 1920-an mensefinisikan kecerdasan sebagai whatever intelligence test measure
Sternberg (1994) mendefinisikan kecerdasan yaitukemampuan kognitif dari individu untuk belajar dari pengalaman hidupnya,berargumentasi secara logis mengingat informasi penting dan untuk mengatasi berbagai persoalan hidup

PENGETAHUAN DAN KOMPETENSI KERJA
Berbagai tipe kompetensi kerja dapat di nyatakan dan di kelompokkan dalam 2 kategori,yaitu:
a) Kompetensi Teknikal adalah tipe kompetensi yang d ekspresikan dalam keterampilan kerja atau sering juga di sebut hard competence atau hard skill
b) Kompetensi perilaku adalah tipe kompetensi yang d ekspresikan dalam peril;aku seorang saat bekerja atau sering juga di sebut soft competence atau soft skill
Contohnya pelayanan pelanggan (costumer care) adalah salah satu jenis dari kompetensi perilaku dimana seorang pekerja harus memutuskan tentang ia bagaimana harus bersikap ketika menghadapi pelanggan.
Spencer (1993) kompetensi seseorang terbentuk dari lima unsure sebagai berikut
a) Motif (motive) yaitu sesuatu yang di pikirkan atau di inginkan seseorang secara konsisten dan merupakan dorongan dari dalam dirinya untuk mewujudkan sesuatu dalam bentuk tindakan-tindakan.motif seseorang akan mendorong mengarahkan dan menentukan pilihan,perilaku untuk bertindak soft skill
b) Watak (traits) yaitu karakteristik mental dan menentukan konsistensi respon seseorang terhadap rangsangan dari luar atau tekanan atau situasi yang di hadapinnya
c) Konsep Diri (self concept) yaitu tata nilai luhur yang di junjung tinggi seseorang,yang mencerminkan bayangan diri atau sikap diri terhadap masa depan yang di cita-citakan
d) Pengetahuan (knowledge) Yaitu informasi- informasi yang saling terhubung dan terstruktur secara sistematik sehingga pekerjaan akan memiliki model permasalahan yang di hadapinnya
e) Keterampilan (Hard skill) yaitu kemampuan untuk melakukan suatu pekerjaan fisik atau mental

PENGETAHUAN DAN PROSES BELAJAR
Hakikat dari hidup manusia adlah perubahan,manusia yang masih hidup pasti berubah.baik berubah fisik maupun perubahan mental.kita dapat mengamati perubahan fisik seseorang sejak bayi,remaja dan berubah menjadi dewasa.begitu pula kita dapat menilai perubahan mental dan perubahan cara berpikir manusia.sehingga kita dapat membedakan antara mental manusia bayi.mental manusia remaja dan dewasa.sebaiknya kita mendefinisikan orang bopdoh adalah orang yang tidak mau berubah mengikuti tuntutan zaman
Orang tidak berubah itu karna dua hal :
a) Karena tidak mampu merubah ini menekan pada masalah rendahnya kompetensi teknikalyang umumnya,karena ia tidak tau cara bekerja yang baik atau tidak tau bahwa ada mekanisme kerja yang lebih baik atau tidak tau merubah keterampilan kerja dirinya
b) Karena tidak mau berubah ini rendahnya kompetensi perilaku merupakan persoalan mental atau spirit untuk berubah atau semangat hidup untuk membawa dirinya pada kebiasaan baru yang lebih baik,umumnya karna sudah merasa nyaman pada posisi sebelumnya dan takut menghadapi resiko ketika menghadapi perubahan


0 komentar:

Posting Komentar