soedirman15@gmail.com atau WA 085740291996

Rabu, 16 Januari 2013

TroubleShooting Teknik Informatika


Mati Total
Periksa power supply: Dalam keadaan kabel power di lepas dari power supply, lepaskan socket kabel Atx1 yang terpasang pada Mainboard. Setelah terlepas, pasangkan kembali kabel power, sambungkan/shortkan kabel berwarna hijau dengan kabel berwarna hitam, periksa apakah kipas di power supply berputar? Kalau berputar berarti power supply bagus. Lepas kembali kabel sambungan tadi dan pasang kembali kabel Atx1 ke motherboard. Periksa Jumper Clear CMOS, apakah di posisi Clear atau Free, biasanya kalau motherboard baru, posisi jumper CMOS ada pada posisi Clear. Periksa IC Chipset dalam keadaan tersambung dan di Switch On, apakah panasnya berlebih atau tidak, over heat berarti Chipset tersebut sudah rusak. Untuk part IC CMOS sampai saat ini tidak dijual bebas.

Nyala Tapi Tidak Tampil
Coba anda perhatikan dan dengarkan apakah ada bunyi atau suara bip. Kalau ada, kerusakan biasanya ada di processor, memory dan VGA. Periksa Processor, coba anda pegang pendinginnya apakah panasnya berlebih atau dingin? Kalau panas berlebih berarti kipas processor tidak bekerja dengan baik maka anda ganti, tapi kalau dingin berarti processor tidak bekerja alias rusak.
Periksa memory, biasanya kalau memory rusak terdengar suara bip pada speaker sebanyak 3 kali. Dalam keadaan mati, cabut memory bersihkan pinnya menggunakan penghapus pensil sampai bersih, kemudian pasang kembali. Kalau masih rusak berarti ada salah satu IC nya yang rusak. Periksa VGA Card, cabut VGA Card, dalam keadaan mati / off coba anda tekan, ada kemungkinan kurang masuk atau coba anda bersihkan kaki / pin nya. Jika VGA card menggunakan kipas, bersihkan kipas tersebut.
Kalau masih tidak tampil coba anda periksa jangan-jangan monitornya yang tidak nyala, untuk memastikannya yang rusak monitor atau CPU, coba anda tekan tuts Numlock pada keyboard, apakah lampu Numlock-nya nyala atau tidak. Kalau nyala berarti kerusakan pada CPU.
Yang menjadi standar saya kalau memperbaiki Komputer, saya selalu membersihkannya dari debu, apakah itu motherboard, memory, cdrom, floppy disk, dll, karena hal tersebut sangat berpengaruh apa lagi kalau komputernya dalam keadaan kotor / lama tidak dibersihkan. Tapi anda harus hati-hati dalam pengerjaannya dan jangan terburu-buru.

Hang Dan Sering Mati / Merestart (Reset) Sendiri
Periksa Power Supply, coba pakai power supply yang lain apakah masih me-restart sendiri atau hang. Kalau setelah diganti power supply ternyata normal/ bagus, berarti power supply ada masalah. Ganti saja karena kalaupun bisa diperbaiki saya sendiri kurang yakin apakah masih bisa berfungsi dengan baik, karena power supply merupakan komponen yang sangat vital.
Apalagi untuk saat ini harga power supply sanggat murah, saya sarankan ganti saja. Periksa apakah ada virusnya, program anti virus harus selalu terpasang dan aktifkan auto protect nya. Saya biasa memakai Norton Anti virus. Anda harus sering meng-update antivirus anda karena bila ada virus varian baru, anti virus anda akan mendetect sekaligus menghilangkan virusnya. Pada saat hang dan ada pesan blue screen seperti “eror vxd at address…”, biasanya ada masalah di memory. Bersihkan memory tersebut seperti langkah diatas.

windows-hal-dll-missing
Cara 1
Pada command prompt, ketik baris perintah berikut ini:
    ATTRIB -H -R -S C:\BOOT.INI [ENTER]
    DEL C:\BOOT.INI [ENTER]
    BOOTCFG /REBUILD [ENTER]
    FIXBOOT [ENTER]
  Keterangan:
    C:\ adalah asumsi abjad Windows drive Anda. Jika Windows drive Anda berbeda, silakan ganti dengan abjad yang tepat jika hardware Anda berbeda.
Selanjutnya, keluarkan CD dan Restart komputer.

mengganti ntldr atau ntdetect.com yang rusak, kita dapat mengkopi file2 tsb dari CD XP menggunakan perintah COPY. caranya:
1. Boot dg CD XP dan masuk Recovery Console, pilih “R” pada welcome screen
2. Layar berubah menjadi hitam dan kita diberi pilihan instalasi mana yg akan di-logon
3. Jika hanya satu instalasi, tekan “1″.
4. Lalu kita diminta memasukkan password Admin. Secara default dibuat blank, jadi cukup tekan Enter
5. Pada prompt perintah C:\WINDOWS, ketik “Help” agar tampil daftar perintah yg dapat kita gunakan
6. Pada Command Prompt ketik seperti dibawah, (jika “X” mewakili huruf drive CD-ROM, atau sesuaikan dg drive dikomputer), biarkan file2 baru meng-overwrite file2 lama.
COPY X:\i386\NTLDR C:
COPY X:\i386\NTDETECT.COM C:
7. setelah perintah diatas selesai silahkan restart komputer dengan ketik “exit”

 komponen komputer :
- Hard disk adalah komponen komputer tempat kita menyimpan data
Video card ini adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menghasilkan output gambar untuk ditampilkan di monitor
- RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, yaitu sebuah komponen komputer yang berfungsi untuk menyimpan data sementara dari suatu program yang sedang kita jalankan dan data-data tersebut bisa diakses secara acak atau random
- Processor atau CPU (Central Processing Unit) adalah sebuah komponen komputer yang bertugas untuk mengeksekusi instruksi atau melakukan perhitungan-perhitungan
- Motherboard berfungsi untuk menghubungkan setiap komponen-komponen komputer tersebut agar bisa saling berkomunikasi satu sama lain.
- Optical Disc Drive meng-copy data, meng-install program, menonton film VCD atau DVD, yang semuanya tersimpan di dalam sebuah keping CD atau DVD
- Monitor adalah komponen komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar yang di-output dari video card
Keyboard adalah sebuah komponen komputer inputan yang berfungsi sebagai alat untuk mengetikkan sesuatu
- Mouse adalah komponen komputer inputan yang berfungsi untuk menggerakan cursor di layar monitor kita dan untuk meng-klik sesuatu seperti tombol-tombol di sebuah program aplikasi


 instal komputer tanpa driver
- Masuk ke Explore windows kemudian pada My Computer klik kanan dan pilih Manage
- Lalu klik Devive Manager
-Dan lihat dibagian kanan. Disana akan ada gambar tanda tanya atau tanda seru berwarna kuning
- Klik kanan pada device yang bertanda seru atau tanda tanya. (sebelum klik kanan, Anda harus conncet ke internet terlebih dahulu). Lalu klik Update Driver.
-Lalu pilih Seacrh Automatically
Tunggu beberapa menit sampai system menemukan driver Anda. Setelah system menemukan driver, tinggal install saja.

Perbaiki hardisk
1. Cara Memperbaiki Hardisk yang pertama dengan Ketik perintah CHKDSK pada Command Prompt.
Misal anda ingin memeriksa pada partisi C berarti ketik CHKDSK C:
Kemudian lakukan repair error tanpa melakukan scanning bad sector dengan mengetik CHKDSK D:/R
Perintah ini akan merepair sector yang eror dan menemukan bad sector
2. Cara Memperbaiki Hardisk yang kedua Bisa juga menjalankannya melalui windows dengan cara :
Buka Windows Explorer, atau My Computer.
Klik kanan pada hardisk yang akan di-cek, klik Properties.
Klik tab Tools, pada pilihan Error Checking klik Check Now..
Jendela Check disk option akan tampil
Untuk menjalankan Chkdsk pada mode read-only mode, klik Start.
Untuk merepair error pada file system, check Automatically fix file system errors,
Untuk merepair error, menemukan bad sector dan me-recover data pilih Scan for and attempt recovery of bad sectors,
Anda juga dapat mencentang kedua pilihan tersebut apabila diperlukan.
3. Cara Memperbaiki Hardisk level ini ketika kita kehilangan partisi harddisk dan data . Ini bisa disebabkan oleh virus atau kesalahan menggunakan program utility. Ada yg perlu diperhatikan dalam mengembalikan Partisi harddisk yang hilang, yaitu kapasitas harddisk dan Jenis File Systemnya.
Cek terlebih dahulu partisi harddisk dengan menggunakan FDISK atau Disk Manager
Untuk mengembalikannya bisa gunakan software seperti Acronis Disk Director, Handy Recovery, Stellar Phoniex dll.

4 komentar: